Berita Bisnis Terbaru Hari Ini: Industri Alas Kaki Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar

Home / Lain Lain / Berita Bisnis Terbaru Hari Ini: Industri Alas Kaki Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar

Pemerintah terus berusaha untuk menggenjot industri alas kaki, pakaian dan produk kulit yang merupakan sektor bisnis yang strategis dan dapat menjadi prioritas karena mampu berkontribusi positif yang cukup signifikan terhadap tingkat perekonomian nasional. Dalam berita bisnis terbaru hari ini, disebutkan bahwa pencapaian produk domestik bruto (PDB) dalam kelompok industri tersebut mengalami kenaikan dari 31,44 trilyun rupiah pada tahun 2015 menjadi 35,14 trilyun rupiah pada tahun 2016.

Hal ini berarti industri tersebut berhasil menyumbang kira-kira 0,28% terhadap penerimaan negara, begitulah yang diungkapkan Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari Kementrian Perindustrian, Gati Wibawaningsih. Oleh karena itu, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) secara aktif memacu produktivitas serta daya saing di kalangan para pelaku Industri Kecil dan Menengah dalam sektor terkait dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus untuk memperluas pasar ekspor.

Gati menambahkan, pada sektor industri alas kaki, Indonesia telah berhasil meraih peringkat 5 besar eksportir di dunia setelah negara Tiongkok, India, Vietnam serta Brazil. Sedangkan pangsa pasar di Indonesia di kancah internasional mencapai 4,4 persen. Bahkan berdasarkan data dari Trade Map, pertumbuhan ekspor industri alas kaki Indonesia ini telah positif tercatat dari 4,85 milyar USD pada tahun 2015 menjadi 5,01 milyar USD pada tahun 2016 atau naik sekitar 3,3%. Peningkatan kinerja ekspor industri alas kaki yang berhasil melebihi pertumbuhan nilai ekspor dunia yang hanya sekitar 0,19%. Ini berarti produk alas kaki dari Indonesia mempunyai daya saing di atas rata-rata tingkat dunia.

E Ratna Utarianingrum, Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka Kerajinan, menyampaikan bahwa perkembangan industri alas kaki dalam negeri ini didorong oleh adanya tren fashion yang berkembang dengan cepat baik dari segi nilai maupun dari jumlah produksi. Untuk penyebaran industri alas kaki ini 82% nya berada di provinsi Jawa Barat serta Jawa Timur dan diharapkan pangsa pasar alas kaki nasional mencapai 10% di pasar dunia. Jadi berita bisnis terbaru di Indonesia yang akurat dan terpercaya lainnya, bisa Anda temukan di Infobank.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *