Efek Penyakit Diabetes yang Terjadi Pada Tubuh

Home / Kesehatan / Efek Penyakit Diabetes yang Terjadi Pada Tubuh

Penyakit diabetes bisa menjadi  sebuah masalah yang serius. Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang pada umumnya ditandai denganterjadinya  peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Tingginya tingkat gula darah bisa memiliki konsekuensi yang cukup serius untuk berbagai organ tubuh, termasuk juga organ-organ vital seperti halnya jantung maupun ginjal.

Diabetes pada umumnya dapat mengacu pada diabetes mellitus. Ini merupakan suatu kondisi yang ditandai akan adanya kadar gula darah yang tinggi atau yang disebut dengan hiperglikemia. Kondisi ini bisa terjadi karena kekurangan hormon insulin, maupun kegagalan sel-sel tubuh dalam merespon insulin.

Dampak Penyakit Diabetes Pada Organ Tubuh

Berikut ini beberapa dampak negatif dari penyakit diabetes yang bisa menyerang organ tubuh:

  1. Dampak diabetes pada ginjal

Diabetes yang kurang penanganan bisa mempengaruhi fungsi ginjal serta menyebabkan nefropati diabetes. Didalam nefropati, pembuluh darah kecil di ginjal bisa mengalami kerusakan. Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi akan membuat ginjal menyaring lebih banyak darah. Pada akhirnya, kerja tambahan ini bisa menguras kemampuan dari ginjal kita untuk menyaring darah.

Hiperglikemia juga bisa menyebabkan kadar bahan kimia tertentu dalam ginjal mengalami peningkatan. Bahan kimia ini bisa membuat filter kecil atau yang biasa disebut dengan ginjal bocor. Akibatnya, penderita yang terserang akan mulai kehilangan protein didalam urin. Hal ini myebabkane ginjal tidak bisa menyaring produk limbah secara efektif dan kemudian dapat menyebabkan gagal ginjal.

  1. Dampak diabetes pada mata

Pembuluh darah pada retina bisa mengalami kerusakan apabila tingkat gula darah dalam tubuh tinggi dalam jangka waktu yang panjang. Kapiler kecil pada retina bisa melemah lalu membengkak. Walaupun pembuluh darah baru saja berkembang, kebanyakan akan mengalami cacat. Hal tersebut bisa menyebabkan retinopati diabetes. Yakni salah satu komplikasi yang terjadi karena diabetes yang tidak terkontrol.

Disamping itu, diabetes juga bisa menyebabkan pembengkakan  pada lensa, yang bisa mempengaruhi penglihatan kita. Hiperglikemia juga bisa menyebabkan penglihatan menjadi kabur, meningkatkan risiko terkena katarak, glaucoma hingga kebutaan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai dampak diabetes bagi tubuh dan cara mengobati penyakit diabetes yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *